Kwarcab

Kegiatan: Sidang Paripurna Cabang Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang 07 Kuantan Singingi

Kuantan Singingi, Sabtu 19/01/2019 – Sidang Paripurna Cabang (SidParCab) dewan kerja cabang penegak dan pandega kwartir cabang 07 gerakan Pramuka kuantan Singingi, diikuti oleh anggota dewan kerja cabang dan dewan kerja ranting. Dewan kerja ranting yang terdiri dari DKR Kuantan Tengah, DKR kuantan mudik, Sentajo raya, Singingi, Pangean, Benai, kuantan hilir, dan gunung Toar.

Tema pada sidang paripurna cabang tahun 2019 adalah “satu hati, satu rasa, satu perbuatan untuk membangun jiwa kepramukaan”. Motto “satyaku ku dharmakan, dharmaku ku baktikan”. Dengan terselenggaranya kegiatan sidparcab ini, untuk Anggaran dana di dapat dari kwartir cabang kuantan Singingi yang di bacakan oleh kak Naufal selaku anggota dewan kerja cabang kuantan Singingi.

Pada kesempatan ini, sidang paripurna cabang kuantan Singingi di buka oleh  Wakil Ketua Bina Muda, kakak Drs. akyan armofis. Beliau menyampaikan beberapa hal yang harus di perhatikan dan dilaksanakan baik oleh dewan kerja cabang maupun dewan kerja ranting. Yang pertama adalah masalah organisasi, “seluruh organisasi yang ada di kwarcab belum semuanya tuntas kita kukuhkan, ketika kepengurusan inikita Lantik, seharusnya ada rapat kerja yang membahas intern organisasi kita. Masih banyak pengurus kwarcab ini yang masih setengah hati dalam memegang amanah yang di berikan, masih setengah hati dalam melaksanakan kegiatan” tutur kak akyan armofis.

Dalam pembukaannya, kak akyan armofis meminta agak dalam kegiatan Pramuka ini tidak ada gagah-gagahan ketika menjadi Pramuka, karena dalam Pramuka ini, tidak ada yang namanya mantan Pramuka, tidak ada yang menggantungkan kacu Pramuka, lain halnya dengan pemain bulu tangkis dan olahraga lainnya.

Yang kedua, kak akhyan mengharapkan “sidang paripurna cabang ini menghasilkan keputusan dan rancangan kerja yang dapat di laksanakan”.

Pada pelaksanaan sidparcab 2019 ini, terdapat 3 (tiga) bab yang di bahas. Bab 1 mengenai pendahuluan, yaitu apa-apa saja yang nantinya akan di bahas dalam sidang selanjutnya. Pembahasan bab 1 ini berlangsung selama kurang lebih 1 jam (10.15 – 12.00). Pembahasan bab 1 di pimpin oleh kak ratul huzzah selaku pimpinan sidang I,  kak ikhsan Abdallah selaku pimpinan sidang II, dan kak Naufal selaku Notulis.

Bab 2 mengenai sidang pleno I (satu). Sidang pleno  satu ini berisikan mengenai 1) Keberhasilan program kerja yang telah di lakukan oleh dewan kerja cabang (DKC) selama tahun 2018) Penyampaian tanggapan dan pandangan mengenai ketercapaian program kerja yang telah di laksanakan oleh DKC sekaligus penyampaian jawaban terkait tanggapan yang di sampaikan oleh masing-masing perwakilan dewan kerja ranting. Dalam penyampaian jawaban ini, langsung di sampaikan oleh kak ratul huzzah selaku ketua DKC Kuantan Singingi. 3) laporan kegiatan program kerja tahun 2018 dari masing-masing perwakilan dewan kerja ranting. Pelaksanaan sidang pleno II ini di pimpin oleh kak Yandhi samitra (perwakilan DKR kuantan tengah) selaku pimpinan sidang I, kak Miki Sahroni (DKC kuantan Singingi) selaku pimpinan sidang II, dan kak Mayang selaku pimpinan sidang III. Sidang pleno I terlaksana dari pukul 13.00 – 13.45 WIB

Bab 3 mengenai sidang pleno II. sidang pleno II ini terlaksana dari pukul 14.45 – 16.20 WIB. Dalam pelaksanaan sidang pleno II membahas mengenai rancangan program kerja yang akan di laksanakan untuk tahun 2019. Seluruh peserta sidang dibagi menjadi 2 (dua) bagian. Yang pertama sidang komisi A, yang akan membahas mengenai administrasi dan organisasi. Yang kedua sidang komisi B, yang membahas mengenai program kerja. Untuk sidang komisi A di pimpin oleh kak Kholil dan sebagai sekretaris oleh anggota DKR dari kawarran Sentajo raya. Untuk komisi B, dipimpin oleh perwakilan dari DKR Kuantan mudik, dengan sekretaris kak wahidatun dari perwakilan DKR Singingi.

Sidang pleno III, dipimpin oleh kak Mayang, pimpinan sidang II oleh kak Miki Sahroni dan pimpinan sidang III oleh kak yandhi. Dari hasil sidang komisi yang telah di lakukan mendapatkan beberapa keputusan yang telah di sepakati sepeti, pembagian korwil, membentuk kesepakatan antara DKC dan DKR mengenai komunikasi dan kerjasama yang akan di laksanakan, pembentukan program kerja yang setiap bulan akan di laksanakan. Sidang pleno III ini berlangsung cukup singkat karena masing-masing perwakilan dari DKR dan anggota DKC sangat terbuka dan menerima hasil sidang komisi A dan komisi B.

wahidatun
Anggota Pramuka Singingi dan mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi
×
wahidatun
Anggota Pramuka Singingi dan mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi

Tinggalkan Balasan